Tips Memilih Lokasi Rumah untuk Investasi dan Tempat Tinggal di Jakarta Selatan

Tips Memilih Lokasi Rumah untuk Investasi dan Tempat Tinggal di Jakarta Selatan

Sebagai kota metropolitan terbesar se-Indonesia serta statusnya sebagai Ibu Kota negara, Jakarta pastinya menjadi daerah yang memiliki harga tanah dan rumah paling tinggi. Dari sini maka secara pandangan umum memiliki tanah dan rumah di Jakarta akan sangat menguntungkan. Tapi bagi Anda yang ingin memiliki investasi yang menguntungkan tentu Anda harus mempertimbangkan berbagai hal. Salah satu pertimbangan terpenting yang sering menjadi acuan pembelian rumah atau tempat tinggal agar menguntungkan sebagai investasi adalah lokasi. Faktor lokasi memang menjadi sesuatu yang sangat krusial untuk Anda yang merencanakan investasi pada rumah. Faktor lokasi ini juga berlaku untuk investasi rumah yang ada di Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan Sebagai Salah Satu Pilihan Investasi

Sebagai daerah yang terus bertumbuh, Jakarta Selatan memang akan menghadirkan sebuah tawaran investasi yang menguntungkan. Apalagi dengan keberadaan ruang hijau terbuka yang lebih banyak di Jakarta Selatan, akan membuat banyak orang meminati wilayah ini. Dengan banyaknya ruang terbuka hijau memang akan membuat kawasan Jakarta Selatan ini memiliki udara yang lebih nyaman jika dibandingkan dengan wilayah Jakarta lainnya. Meskipun daerah Jakarta Selatan ini memiliki prosepek yang sangat cerah dibidang investasi rumah, Anda tetap harus cermat dalam memilih hunian. Anda harus memperhatikan beberapa hal agar rumah yang Anda jadikan investasi di Jakarta Selatan ini akan menguntungkan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih lokasi rumah atau tempat tinggal di Jakarta Selatan untuk investasi.

  1. Memeriksa Aspek Legalitas

Tak semua rumah yang ada di Jakarta Selatan ini dalam keadaan baik-baik saja tanpa masalah. Sebab rumah juga punya aspek legalitas berupa sertifikat atas kepemilikan tanah serta dokumen legalitas lain yang perlu diperhatikan seperti AJB, PHTB, SHM/ SHGB dan IMB. Nah tanpa adanya aspek legalitas ini tentu rumah tersebut jadi bermasalah. Maka bila Anda membeli rumah tanpa ada legalitas maka rumah tersebut akan menjadi hal yang sia-sia. Bahkan bisa jadi rumah tersebut akan menjadi masalah untuk Anda. Jadi jangan hanya memikirkan lokasi strategis saja tapi lihat dan pastikan rumah yang akan Anda beli dan dijadikan investasi ini tidak bermasalah dalam hal legalitasnya. Untuk mengetahui legalitas rumah di Jakarta Selatan ini Anda bisa bertanya langsung ke pimilik rumah atau ke pengembang perumahan atau juga bertanya ke kelurahan atau kecamatan terdekat tentang rencana suatu lokasi perumahan.

  1. Mempertimbangkan Sarana dan Prasarana

Lokasi rumah atau tempat tinggal yang baik dan menguntungkan untuk investasi adalah yang memiliki sarana dan prasarana yang baik dan lengkap. Sebab dengan banyaknya fasilitas yang ada di rumah atau di sekitar rumah yang dihadirkan pengembang, maka rumah akan memiliki nilai yang akan terus naik setiap tahunnya. Fasilitas minimal yang harus ada pada rumah yang akan Anda beli untuk investasi ini mempunyai ‘Fasum & Fasos’ atau fasilitas standar atau umum yang terdiri dari :

  • Jalan untuk bisa dilalui kendaraan roda empat
  • Penerangan rumah dan jalan
  • Saluran drainase atau got air hujan
  • Fasilitas air bersih seperti PAM, jet pump, sumur
  • Jaringan telepon.

Selain itu fasilitas sosial juga tak kalah pentingnya untuk Anda cermati. Wujud fasilitas sosial ini seperti :

  • Area terbuka sepert taman atau lapangan
  • Rumah ibadah seperti musholla
  • Balai Pertemuan warga
  • Posko Keamanan
  • Dan lainnya

Semua fasilitas yang ada ini maka nilai investasi Anda terhadap rumah atau tempat tinggal di Jakarta Selatan akan semakin menguntungkan. Karena dengan hadirnya kelengkapan fasilitas yang ada akan membuat nilai atau harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

  1. Menilai Potensi Perkembangan Kawasan Perumahan

Terakhir, tips memilih lokasi rumah untuk investasi di Jakarta Selatan adalah dengan memikirkan potensi atau prospek yang akan hadir di masa depan di lokasi tersebut. Sebagai kota yang terus mengalami perkembangan, Jakarta Selatan tentu akan terus mengalami perubahan. Nah dari sinilah Anda sebagai pembeli harus memiliki semacam penerawangan mengenai lokasi rumah 5 atau 10 atau 15 tahun ke depan. Semakin besar prospek lokasi rumah di masa depan tentu akan semakin membuat investasi Anda menguntungkan. Besar tidaknya prospek lokasi tumah di masa depan ini bisa ditentukan oleh beberapa hal seperti bagaimana pembangunan yang akan hadir di kawasan rumah tersebut. Faktor tingkat kelancaran arus lalu lintas di masa depan juga perlu Anda perhatikan. Terakhir, pastinya fasilitas atau sarana dan prasarana umum apa yang bisa hadir di masa depan di lokasi ini juga akan menentukan besar tidaknya prosek rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Compare